Bupati Bantu Pembangunan Dayah Darussa'adah

HABADAILY.COM - Bupati Bireuen H Ruslan M Daud menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Dayah Darussa’adah cabang Cot Bada.

Turut Hadir dalam acara Kepala dinas Kesehatan dr. Amir Addani M.kes, Kadisperindakop Darwansyah SE, Kepala Badan Dayah Drs Jamalludin SE, MM,  bertempat di desa Cot Bada Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, sabtu (30/1).

Dalam sambutannya pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Dayah Darussa’adah cabang Cot Bada Drs Tgk H Jamalluddin Idris menyebutkan, adapun santri yang menuntut ilmu di dayah ini berasal dari sekitar desa seputaran.

”Mayoritas santri yang menuntut ilmu di dayah ini yatim piatu dan berasal dari keluarga kurang mampu dari desa Cot Bada Baroh dan sekitar dayah,” sebutnya

Drs Tgk H Jamalluddin Idris juga memengeluhkan tentang beberapa kekurangan di dayah Darussa’adah. Diantaranya masih minimnya fasilitas yang mendukung proses belajar para santri di ruang belajar. Hanya ada tiga ruang dipakai.

Ia juga mengeluhkan jauhnya akses pelayanan kesehatan dari lokasi dayah. Ia berharap beberapa masalah yang terjadi di dayah dapat dibantu oleh Bupati H Ruslan M Daud selaku kepala Pemerintahan Kabupaten Bireuen.

Sementara itu Bupati Bireuen H Ruslan M Daud dalam sambutannya menjelaskan, dalam hal ini Pemerintahan kabupaten Bireuen sangat mendukung program pembangunan dayah /pasantren yang ada di Kabupaten Bireuen.

Demi terwujudnya Bireuen sebagai kota santri, menanggapi beberapa keluahan di dayah Darussa’adah, diantaranya kurangnya ruang belajar, Bupati Bupati Bireuen H Ruslan M Daud langsung meminta kepada pimpinan Dayah Darussa’adah cabang Cot untuk mempersiapakan rencana pembangunan dalam bentuk proposal melalui Badan Pemberdayaan Dayah

“Badan Pemberdayaan Dayah sudah menganggarkan dana pembangunan untuk setiap dayah yang ada di Kabpaten Bireuen dan untuk masalah pelayanan kesehatan kebetulan disini hadir kepala dinas kesehatan kita bisa menayakan langsung bagaimana solusinya,” jelasnya.

Bupati Bireuen H Ruslan M Daud meminta kepada pimpinan dayah Dayah Darussa’adah untuk mendata santrinya agar dapat disalurkan beasiswa kepada santri santri yang kurang mampu.

”Kita akan berikan bantuan beasiswa kepada santri kurang mampu Rp 1 juta per santri,” ungkapnya

Bupati Bireuen H Ruslan M Daud menambahkan awal bulan maret akan dimulai pembangunan jalan  akses  menuju dayah Darussa’adah.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Amir Addani M.kes menyampaikan dalam hal pelayanan kesehatan untuk para santri akan mempogramkan pusat kesehatan pasantren (PUSKESTREN) di dayah Darussa’adah.

“Dalam waktu dekat akan kita bangun Puskestren dayah Darussa’adah dimana program ini sudah terlaksana di pasantren Mudi Mesra Samalanga dan beberapa pasantren lain yang ada di Kabupaten Bireuen,” pungkasnya.