Bupati Bireuen: Petugas Ambulan Minta Uang Minyak, Lapor dan Saya Tindak

BIREUEN - Bupati Bireuen Ruslan M. Daud meminta masyarakat untuk melaporkan padanya jika menemui petugas mobil ambulan yang meminta uang transportasi maupun uang minum.

"Karena program kusus Pemkab Bireuen dengan memberikan layanan gratis ambulan, dan Puskesmas serta jajaran Dinas Kesehatan untuk antar jemput pasien sakit gawat darurat tak dikenakan biaya apapun. Jika ada yang begitu langsung ditindak," kata Ruslan M. Daud kepada masyarakat usai silaturrahmi safari Ramadan Pemkab Bireuen ke Masjid Muttaqin Desa Alue Dua, Makmur, Minggu (26/6/2016).

Lebih lanjut Ruslan mengatakan, laporan tersebut akan diterima dengan catatan tak mengandung unsur fitnah atau mengadu domba sesama petugas. Sebagai langkah awal, masyarakat harus mencatat nama dan nomor polisi mobil ambulan serta Puksemas tempat ia bekerja, setelah itu diserahkan kepadanya.

"Program tersebut memberikan pelayanan kesehatan 24 jam bagi pasien sakit gawat darurat yang membutuhkan pertolongan di 17 kecamatan. Apalagi pasien sakit gawat darurat di desa terpencil yang membutuhkan pertolongan untuk dirawat ke Pukesmas tiap kecamatan atau dirujuk akan dirujuk ke RSUD dr Fauziah Bireuen dan RSUZA Banda Aceh," tutupnya.

Sementara untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan mobil ambulan gratis, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bireuen, dr Amir Addani meminta masyarakat untuk menghubungi Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan. Seperti Puskesmas Samalanga, Simpang Mamplam, Pandrah, Jeunieb, Peulimbang, Peudada, Jeumpa, Kota Juang, Kuala, Juli I, Juli II, Jangka, Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Kutablang, Makmur dan Gandapura.

"Tiap Puskesmas memiliki 2 – 3 mobil ambulan, untuk melayani program khusus layanan mobil ambulan gratis jemput pasien gawat darurat ada di wilayah Puskesmas masing-masing. Jadi untuk masyarakat disetiap kecamatan yang belum memperoleh nomor kontak layanan mobil ambulan gratis, dapat meminta langsung ke Puskesmas masing-masing," tutupnya. (Goaceh.co)